Wednesday, December 21, 2016

Cara menanggulangi hama gendon atau uret pada tanaman tin



ASSALAMUALAIKUM WR. WB..
Apa kabar para figger INDONESIA??? Semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan selalu diberi rezki yang melimpah. Amin YA ROBB....
Kali ini kita akan membahas seputar masalah hama yang menyerang tanaman kesayangan kita satu ini. Sering juga kita jumpai di kebun  banyak belalang, ulat, kumbang, lalat dan sebagainya. Nah kali ini kita akan bahas satu persatu masalah tersebut baik gejala, akibat yang ditimbulkan sampai ke penanganan agar tanaman kita bisa sehat dan terhindar dari hama pengganggu tersebut.

GENDON / URET / ULAT TANAH 

PENGERTIAN
Apakah itu gendon / uret / ulat tanah ???????? gendon / uret / ulat tanah adalah
salah satu hama yang menyerang tanaman tin melalui akar ( dibawah tanah ) bentuk nya seperti ulat pada biasanya tapi memilliki ukuran yg jumbo atau lebih besar ketimbang ulat pada umumnya. Besarnya bisa sampai seukuran jempol  kaki orang dewasa, berwarna putih dan ada juga yang agak kecoklatan. Berikut ini adalah salah satu contoh gendon / uret / ulat tanah. ( foto dari berbagai sumber )


GEJALA  / TANDA-TANDA SERTA AKIBAT TANAMAN  TERSERANG HAMA URET / GENDON / ULAT TANAH.

Sekarang kita sudah tahu apa itu gendon / uret / ulat tanah nah sekarang kita bahas lagi seputaran gejala atau tanda-tanda tanaman TIN kita terserang hama tersebut. Tanaman yang terserang hama pada fase ringan biasanya akan tampak kerdil atau lama tumbuh ketimbang tanaman lainnya, daunnya akan tampak layu bahkan jika tidak di basmi dan selanjutnya bisa mengakibatkan kematian pada tanaman TIN kita. Sangat berbahaya bukan!!! Maka dari itu kita harus selalu melakukan penyemprotan atau pengocoran ke media tanam kita agar terhindar dari hama ini. Berikut ini adalah contoh tanaman yang terserang hama gendon / uret / ulat tanah. 

PENANGANAN / PENANGGULANGAN HAMA GENDON / URET / ULAT TANAH. 
Kita sudah tahu apa itu gendon / uret / ulat tanah, nah sekarang kita masuk ke pembahasan seputar penanganan / penanggulangan hama gendon / uret / ulat tanah sebagai berikut.
Penanganan yang kita mesti lakukan adalah kita perhatikan dulu media yang kitapakai, hindari pemakaian media dari campuran serbuk gergaji  ( selian bisa sebagai sumber jamur serbuk gergaji ini juga bisa sebagai tempat munculnya hama gendon / uret / ulat tanah ) , media ladek ( pelapukan  hati pohon randu / kapas ( pelapukan yang tidak sempurna pada ladek justru bisa sebagai sarang hama gendon / uret / ulat tanah, bahkan hama lain seperti kelabang kecil-kecil, semut dll )
Dan selanjuitnya kita perhatikan juga wadah atau sarana kita untuk menanam, apakah itu di polybag, drum, pot atau kita tanam ditanah. Untuk cara singkat kita bisa mengganti media atau mengganti tempat kita menanam dengan yang baru supaya terhindar dari hama tersebut. Jika kita tidak memungkinkan untuk mengganti media maka cara selanjutnya  adalah kita bisa mengocor insektisida atau obat herbal lainnya untuk membunuh hama sasaran kita itu. Kita bisa menggunakan obat alami atau buatan dari pabrik. Dan hanya sebagai saran dari saya jika menggunakan insektisida pabrikan pakailah obat yang kontak, dan hindari  pemakaian insektisida pabrikan dengan bahan aktif karbofuran karena disamping bisa membunuh hama sasaran diatas tapi kandungan bahan aktif ini bisa membunuh mikroorganisme lain yang bermanfaat bagi tanaman anda, dan juga efek yang ditimbulkan kurang baik jika dikonsumsi berkelanjutan karena bahan aktif ini cepat meresap ke tanah batang daun bahkan buah. Sangat berbahaya bukan efek yang ditimbulkannya. Disini saya lampirkan insektisida dari pabrik yang bisa menanggulangi hama tersebut.

SUMO 50EC
Insektisida ini berasal dari PT. Belirang kalisari ( belka ) berbahan aktif beta siflutrin yang terbukti ampuh untuk mengendalikan hama-hama dipermukaan tanah. Selain bisa untuk mengendalikan gendon atau uret SUMO 50EC ini juga bisa mengendalikan hama lain seperti orong-orong, jangkrik, ulat dan lain-lain. Untuk kasus kita kali ini ( gendon atau uret ) kita cukup gunakan 20ml SUMO 50EC untuk dilarutkan kedalam air 10 liter lalu siramkan di sekitar tanaman. Lakukan pengocoran seperti itu setiap satu bulan atau lebih baik dua minggu sekali. sebenarnya masih banyak insektisida pabrikan lainnya tapi kalau saya boleh menyarankan coba pakai insektisida SUMO 50EC ini saja.

 KARBOFURAN
Selain insektisida SUMO 50EC di atas ada juga insektisida berbahan aktif karbofuran seperti yang saya tuliskan di atas. Dan diantara insektisidan pabrikan yang berbahan aktif sama  dengan karbofuran adalah FURADAN, PRIMADAN, SIDAFUR, KRESNADAN dan lain-lain.



Nah cukup sekian dulu dari saya, jika masih kurang jelas silahkan tanyakan dikolom komentar ya. Insyaallah saya balas.
wassalam...

No comments:

Post a Comment