Wednesday, December 21, 2016

3 TEHNIK MENCANGKOK TANAMAN TIN/FIGS

Assalamualaikum wr. wb.
maaf ya para figs lover indonesia baru bisa update lagi karena ada suatu kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan hehehe. Nah pembahasan kali ini seputar cangkok mencangkok tanaman tin, memang banyak situs atau blog lainnya yang sudah membahas seputaran cara cara mencangkok tanaman lain atau juga tanaman tin ini. kali ini saya akan mencoba membahas step by step cara serta tehnik mencangkok dari yang sederhana sampai yang jarang dilakukan tetapi tingkat keberhasilan mencapai 90% up. Cara ini sudah terbukti oleh para pembudidaya tin, selanjutnya tinggal teman-teman praktekkan sendiri dirumah. Disini saya menggolongkan tehnik mencangkok menjadi beberapa macam yaitu :

  • Cara mencangkok sederhana.
  • Cara mencangkok tanpa metan ( media tanam ) .
  • Cara mencangkok agar cepat keluar akar.
Nah mari kita bahas satu per satu tehnik mencangkok yang sudah saya golonggan diatas agar teman-teman semua bisa lebih mudah mempraktekkannya dirumah nanti : 

  • Tehnik mencangkok sederhana.
Alat yang perlu kita persiapkan untuk mencangkok sederhana diantaranya : pisau/cutter, plastik, media, tali rafia, dan hormone perangsang akar ( bila ada ) kalau kita tidak punya kita bisa menggantinnya dengan bawang merah. Jika sudah tersedia semua ayo kita praktekkan bersama-sama.
Pertama : kita pilih batang yang akan kita cangkok ( usahakan batang yang sehat,dan genjah ) lihat gambar.
( Gambar 1 )

Kedua : buat 2 keratan melingkar dibawah ruas kurang lebih 2cm, lalu buang kulit luarnya.
( Gambar 2 )

Ketiga : tunggu 1hari agar kambium kering lalu oles dengan hormone perangsang akar atau bawang merah yang kita iris lalu oles melingkar ke kulit diatas sayatan tadi.
( Gambar 3 )
Keempat : tempelkan media yang sudah kita siapkan tadi lalu bungkus dengan plastik.
( Gambar 4 )
Kelima : ikat kedua ujungnya dengan tali rafia.
( Gambar 5 )
Nah sekarang kita sudah bisa membuat cangkokan, biasanya akar akan keluar kurang lebih 2 minggu setelah cangkok ( tergantung kesehatan batang dan media yang dipilih ). Pada minggu ke 4 akar keluar cukup banyak dan siap untuk kita potong.

  • Tehnik mencangkok tanpa metan ( media tanam )
Cara yang kedua ini memang agak unik dibandingkan cara yang pertama dan cara mencangkok pada tanaman kebanyakan. Bagaimanakah tingkat keberhasilannya? saya sendiri tidak bisa menjamin keberhasilan teman-teman semua, tapi dari yang pernah saya lakukan tehnik ini alhamdulillah berhasil semua. Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam tehnik ini antara lain kesehatan batang cangkokan, hormone yang kita gunakan dan tentunya izin dari sang pemberi hidup yaitu ALLAH SWT.
  Namun untuk menekan angka kegagalan tehnik ini gunakanlah batang yang masih muda ( coklat ) dan mempunyai titik-titik akar ( perhatikan dibawah ruasuntuk melihat titik-titik akar) , semakin jelas titik akar yang terlihat semakin banyak pula kesempatan berhasil  serta jangan lakukan dibatang yang sudah tua, ini karena tingkat keberhasilannya kecil. Selanjutnya kita persiapkan alat dan bahannya diantaranya :
  1. Alumunium foil atau plastik hitam.
  2. Cutter / pisau grafting.
  3. Hormone akar / bawang merah.
  4. tali rafia.
Langkah-langkah yang kita lakukan selanjutnya hampir sama dengan cara mencangkok sederhana, tapi yang membedakannya setelah kita selesai mengerat dan mengupas kulitnya dan kemudian mengoleskan perangsang akar tinggal kita bungkus dengan alumunium foil atau plastik hitam yang kita siapkan tadi. kemudian tali di kedua ujungnya. Cukup mudah bukan, selanjutnya kita tunggu 2 sampai 3 minggu. Setelah itu coba pegang perlahan bungkusan tadi apa sudah ada tanda-tanda keluarnya akarnya atau belum, jika sudah dan dirasa cukup banyak akar yang keluar tinggal kita potong dan pindahkan dalam polybag. 

  • Tehnik mencangkok agar cepat keluar akar. 
Dari ulasan diatas tentunya sudah banyak menambah pengetahuan kita tentang cara atau tehnik budidaya tanaman tin, seiring perkembangan tehnik budidaya tentunya akan lebih mempermudah kita membudidayakannya dengan prosentase keberhasilan yang jauh lebih besar serta waktu yang relatif lebih singkat. Berikutnya akan saya bahas bagaimana cara mencangkok tin agar cepat mengeluarkan akar sehingga kita bisa lebih menghemat waktu. 
Sebelum melangkah lebih jauh lagi coba perhatikan cara tehnik cangkok sebelumnya  diatas karena ini akan sangat bermanfaat untuk  proses kali ini, tidak jauh berbeda dengan tehnik diatas namun ada beberapa bagian yang perlu kita kembangkan yaitu metan ( media tanam ) yang kita gunakan, serta perlakuan setelahnya.Untuk prosesnya hampir menyerupai dengan tehnik mencangkok sederhana dan juga tehnik mencangkok tanpa metan,mari kita praktekkan tehnik ini bersama.
Alat dan bahan :
- Alumunium foil atau plastik hitam.
- Cutter / pisau grafting
- Hormone akar / bawang merah
- Tali rafia.
- Sekam bakar.
- Vitamin b1 tanaman.
Kemudian lakukan proses dari pemilihan batang yang akan kita cangkok sampai pada tahap pengeratan atau pengupasan kulit ari kemudian oles dengan bawang merah. ( lihat gambar )
Setelah itu biarkan selama sehari sembari kita menyiapkan media yang akan kita gunakan nanti. Untuk media perlu kita treatmen dulu dengan vitamin b1 tanaman selama semalam. Caranya larutkan vitamin b1 tanaman kedalam air dengan perbandingan 2-3 ml per liter air,ambil media sekam bakar secukupnya lalu rendam dengan larutan tadi selama semalam. Jika sudah ambil sekam bakar dari air lalu tiris anginkan ( jangan sampai kering dan hindari sinar matahari langsung ) kemudian masukkan kedalam kantong plastik dan ikat. ( lihat gambar )
Sampai disini kita tinggal melanjutkan proses seperti tehnik mencangkok sederhana yaitu : oles hormone akar lagi pada batang cangkokan taruh media pada batang yang akan dicangkok kemudian ikat. Setelah sampai pada proses ini hal yang membedakan lagi adalah setelah kita selesai melakukan semua proses diatas, yaitu penambahan bungkusan diluar cangkokan dengan plastik hitam atau alumunium foil ( diutamakan ) hal ini bertujuan untuk menjaga suhu kelembapan cangkokan, menghindari curah hujan yang cukup tinggi serta sengatan sinar matahari langsung. Maka proses mencangkok kali ini sudah selesai, untuk hasilnya bisa teman-teman coba sendiri dirumah. Jika ada yang kurang faham tentang tehnik budidaya tin silahkan bertanya dikolom komentar yang sudah disediakan. Jangan lupa subscribe blog ini ya. Sekian dari saya semoga bermanfaat Wassalam.

1 comment: