Wednesday, December 21, 2016

Cara mencegah stres setelah turun cangkok dengan sari daun ketapang


Assalamualaikum wr. wb....
Tentu kita semua tidak asing lagi pada daun ketapang yang sesring kita jumpai sehari-hari, kali ini kita akan merubah dauan ketapang menjadi sumber nutrisi yang dibutuhkan saat turun cangkok.
Pada dasarnya layu atau stres yang terjadi saat kita memotong cangkokan sering kita jumpai, itu wajar karena pemotongan pada batang berarti memotong siklus nutrisi dari bawah ke ujung dahan walaupun cangkokan yang kita lakukan sudah 100% berhasil ( sudah banyak akar yang keluar ). Dengan sengaja berarti kita memaksakan batang cangkokan untuk mandiri atau mencari sumber nutrisinya sendiri melalui akar yang sudah tumbuh dibawahnya padahal media cangkok kita hanya sedikit mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk menyuplai batang diatasnya, maka dari itu kita perlu memberikan nutrisi tambahan guna menambah suplai nutrisi cangkokan sebelum dia bisa hidup atau kita pindahkan ke lahan. Kali ini saya akan memaparkan cara membuat nutrisi atau vitamin untuk mendukung kesehatan cangkokan kita dengan menggunakan sari daun ketapang. Berikut ini adalah bahan serta cara pembuatan sari daun ketapang sebagai sumber nutrisi atau vitamin cangokokan.
Alat dan bahan :
Ember atau toples
Plastik hitam
5 liter Air bersih
Daun ketapang

Cara pembuatan :
Ambil daun ketapang yang sudah jatuh dibawah pohon yang berwarna kuning atau coklat ( usakan jangan yang sudah kering ) sebanyak 20 – 30 lembar.
Cuci dan bersihkan daun dari kotoran dan debu yang menempel
Masukkan air bersih sebanyak 5 liter kedalam ember atau toples yang sudah kita siapkan tadi.
Masukkan daun ketapang yang sudah kita bersihkan kedalam air lalu remas – remas daunnya.
Tutup ember atau toples yang berisi ramuan diatas dengan plastik hitam.
Simpan selama sehari semalam ramuannya didalam rumah atau ruangan dan usahakan jangan terkena sinar matahari langsung ( usahakan tempat yang gelap )
Ramuan sari daun ketapang siap digunakan.

Cara penggunaan :
Ambil ramuan daun ketapang tersebut sebanyak kurang lebih 20ml campurkan kedalam air 1 liter lalu celupkan batang cangkokan tadi kedalam ramuan kurang lebih 10menit lalu tiriskan.
Nah sangat mudah bukan...
Selain digunakan untuk mencegah stres setelah turun cangkok, ramuan ini juga bisa digunakan untuk menyiram tanaman kita agar menjadi lebih sehat lagi. Caranya ambil ramuan daun ketapang sebanyak 100ml dan campur dengan air sebanyak 5liter lalu siramkan ketanaman secukupnya.
Nah sampai disini dulu ya, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Wassalam....
NB : Usahakan jika kita mau memotong cangkokan waktu yang baik adalah pagi atau sore hari karena panas matahari belum begitu menyengat, dan jangan terlalu sering menyiram tanaman menggunakan ramuan daun ketapang dengan jangka waktu yang terlalu rapat karena bisa meningkatkan keasaman tanah.

No comments:

Post a Comment